Jumat, 10 Juni 2022

Kodam III/Siliwangi Manfaatkan BMS, Dukung Kunker RI 1

Kodam III/Siliwangi Manfaatkan BMS, Dukung Kunker RI  1


MAJALAHCEO.COM,Bogor, - Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menyambut sekaligus mendampingi serta melakukan pengamanan kunjungan kerja Presiden RI, Ir. Joko Widodo ke wilayah Kodam III/Slw, Jum’at (10/6/2022).


Kunjungan kerja Presiden RI 1, tersebut dalam rangka peresmian persemaian Rumpin dan Peluncuran Mangrove dalam rangka Pringatan Hari Lingkungan Hidup Tahun 2022. Bertempat di Pusat Sumber Benih dan Persemaian Modern Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jalan Prada Samlawi Kampung Babakan Baru, Desa Rumpin Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor.


Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto di sela-sela mendampingi Pangdam III/Slw di Pusat Sumber Benih dan Persemaian Modern Rumpin Kabupaten Bogor Jabar.


Lanjutnya menuturkan, seuasi menyaksikan Pemutaran Video Persemaian Rumpin dan program Mangrove, Presiden RI, Ir. Joko Widodo luncurkan program Rehabilitasi Mangrove (M4CR Word Bank dan Word Mangrove Center/WMC Teluk Balikpapan), sekaligus melaksanakan Penandatanganan Prasasti peresmian persemaian Rumpin. 



Setelah melakukan penandatanganan, Presiden RI 1 melepas truk distribusi bibit persemaian Rumpin yang ditandai dengan penekanan tombol untuk menutup truk, tanda pelepasan distribusi bibit, dilanjutkan video conference dengan petani Serang dan Cianjur.

  

Sebelum kedatangan Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan rombongan, Pangdam III/Slw selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) mengadakan pengecekan kesiapan pam VVIP, dengan memanfaatan Battlefield Management System (BMS), dimana semua kedudukan pasukan pengamanan sudah terdata dalam peta digital serta pelaporan reel time terkait kondisi terkini bila ada pergerakan yang menonjol di lapangan. Kondisi pengamanan di lapangan secara detail tergambar di Puskodaloops Kodam III/Slw, sehingga memudahkan pengambilan keputusan dalam menentukan Cara Bertindak yang akan dilakukan.


Aplikasi BMS, adalah suatu sistem untuk mendigitalkan Komando dan Pengendaian, mulai dari tahap tahapan operasi dan prosedur mekanisme pertempuran dimana sistem ini dapat meningkatkan daya tempur dan dukungan operasi prajurit di medan operasi. 



BMS ini dipilih atau digunakan, karena mempunyai keunggulan dalam teknologi digital, integrasi, dan kerahasiaan pada proses transfer data. Dengan demikian Pangdam mendapatkan data kesiapan pengamanan dari Puskodalops. 


Pangdam III/Slw memerintahkan agar pelaksanaan pengamanan benar-benar dilakukan semaksimal mungkin. Tingkatkan sinergitas dengan semua pihak terlibat sehingga tercipta situasi yang kondusif, aman dan nyaman. 


Sementara personel yang yang diturunkan untuk memperkuat pengamanan Presiden RI 1 terdiri dari personel Korem 061/SK, Denpom III/1 Bogor, Kodim 0621/Kabupaten Bogor, Yonif 315/Garuda, Yon Armed-5/105 Tarik/PG, serta Polres Kabupaten Bogor.

#Yatiman***

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved