Senin, 13 Juni 2022

Perahu Semen Hasil Inovasi Prajurit Diberikan Kepada Warga Sungai Buntu

Perahu Semen  Hasil Inovasi Prajurit Diberikan Kepada Warga Sungai Buntu


MAJALAHCEO.COM,Karawang, - Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P., mengunjungi warga pesisir serta meninjau wilayah Sungai Buntu, Pantai Samudera Baru, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022). Kegiatan ini dalam rangkaian Sail dan Touring Sekeseler Siliwangi di hari ke 3. 



Pada kesempatan tersebut, diserahkan satu unit Perahu Semen yang merupakan karya inovasi prajurit Kodam III/Slw yang telah mengikuti pelatihan di Workshop Carita Boat Indonesia Tangerang Banten. Perahu tersebut sengaja diberikan untuk masyarakat nelayan Sungai Buntu. 


Hal ini disampaikan Kapendam III/Slw di sela - sela mendampingi Pangdam III/Slw seusai menebar bibit ikan nila di tambak masyarakat Sungai Buntu.



Lanjutnya mengatakan bahwa Perahu semen menurut Pangdam, harganya tidak terlalu mahal, dan perahu tersebut sebagai prototipe. Teknologi ini masih bersifat dasar dan masih bisa dikembangkan, dan menjadi dasar pengembangan bagi pembuatan perahu berikutnya.


“Saya menitip harapan, barang ini memang tidak seberapa, tapi generasi kita harus maju. Generasi saya seperti ini, tapi mungkin generasi anak-anak kita bisa lebih maju. Teknologi ini masih bersifat dasar dan masih bisa dikembangkan. Sudah ada beberapa nelayan dari sini untuk melaksanakan pelatihan membuat perahu dari semen," ujar Pangdam.


Dalam rangkaian kegiatan tersebut Pangdam III/Slw beserta para pejabat utama Kodam  melakukan penanaman pohon mangrove, diikuti warga masyarakat sekitar sebanyak 1.200 batang. Selain menanam bibit pohon mangrove, di lokasi Sungai Buntu ditebar 10.000 ekor bibit ikan nila, dengan memanfaatkan inovasi biologi Bios 44. 


Lebih lanjut Kapendam mengatakan, rangkaian kegiatan penanaman bibit pohon mangrove dan penebaran bibit ikan dalam rangka perbaikan lingkungan hidup dan ekosistem Sungai Buntu sebagai implementasi apa yang telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada acara Peresmian Persemaian Rumpin di Bogor. 


“Selain melakukan penanaman bibit pohon Mangrove, Pangdam juga memberikan bantuan sosial berupa pemberian 1000 paket sembako bagi masyarakat Sungai Buntu, peninjauan vaksinasi, pengobatan massal, serta menyaksikan panggung rakyat”, pungkasnya. 


Hadir pada acara tersebut, Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, Irdam III/Slw, Kapok Sahli Pangdam III/Slw, para Asisten Kasdam III/Slw, para Kabalakdam III/Slw, Dandim 0604/Karawang, Bupati Kabupaten Karawang beserta unsur Forkopimda, Danlanal Cirebon, Kasatpol PP Kabupaten Karawang, Kepala BPBD, Tokoh agama, serta Tokoh masyarakat. 

#Yatiman,(Pendam III/Siliwangi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved