Minggu, 14 Agustus 2022

Dinsos Kabupaten Bandung Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Kampung Siaga Bencana ( KSB )

Dinsos Kabupaten Bandung   Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Anggota Kampung Siaga Bencana ( KSB )


MAJALAHCEO.COM,KAB.BANDUNG,-|Penyelenggaraan penangulangan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah akan tetapi merupakan  tanggung jawab bersama yang memerlukan peran aktif antara pemerintah dan masyarakat. Sehingga dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam penanggulangan bencana, Dinas Sosial Kabupaten Bandung melakukan Koordinasi, Sosialisasi dan Pelaksanaan Kampung Siaga Bencana  pada kegiatan peningkatan kapasitas KSB yang melibatkan masyarakat sebagai basis utama dalam manajemen penanggulangan bencana. Kegiatan ini di laksanakan di Hotel Grand  Pasundan jln. peta Bandung pada Rabu tanggal 10 Agustus 2022.


Narasumber dalam kegiatan peningkatan kapasitas Kampung Siaga Bencana ini yaitu Juwita ( Sekretaris DPRD Komisi D dari F.PDIP Kabupaten Bandung ), Nia Ocvitasari ( penyuluh sosial prov. Jabar ) , dan Tagana prov. Jabar. Peserta yang hadir dalam kegiatan peningkatan kapasitas KSB ini sebanyak 90 orang dari unsur  Masyarakat  KSB yang ada di 12 Kecamatan. Yaitu dari Kecamatan Cileunyi, Warga Mekar, Tegal Luar, Tanjungwangi, Cibeureum, Cigentur, Pamentasan, Rancaekek Wetan, Cimenyan, Ciporeat, Panundaan dan Dayeuh Kolot.


“Dengan adanya kampung siaga bencana ini diharapkan memberikan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan resiko bencana dan mengorganisir potensi masyarakat terlatih dalam penanggulangan bencana” Ujar Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung.


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bandung Drs. Indra Respati juga menghimbau kepada semua peserta pelatihan untuk mulai membiasakan diri melaksanakan kegiatan yang mampu mengurangi resiko bencana baik dengan memelihara lingkungan , merubah pola kebiasaan yang menimbulkan resiko bencana, melatih diri dan melatih kemampuan jika terjadi bencana minimal di wilayah dimana keberadaan KSB itu berada, "tutunya

#ASPA#

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved