Minggu, 04 September 2022

Taman Ramah Anak Sektor 8 Citarum Harum, Wahana Edukasi Anak Kenali Alam Sejak Dini

Taman Ramah Anak Sektor 8 Citarum Harum, Wahana Edukasi Anak Kenali Alam Sejak Dini


MAJALAHCEO.COM,Kab. Bandung, - Progress pembuatan Taman Ramah Anak di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sektor 8 Citarum Harum yang terletak di bantaran sungai Citarum wilayah Desa Nanjung Kecamatan Margaasih Kabupaten Bandung kini sudah selesai.


Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Slw Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto setelah dikonfirmasi melalui saluran telepon, Sabtu (03/09/2022).


“Capaian progress pembuatan Taman Ramah Anak di ruang terbuka hijau tersebut berkat kerja keras Satgas Sektor 8 Citarum yang dikomandoi oleh Kolonel Arm Nursamsudin, juga atas partisipasi masyarakat setempat,” ujarnya.


Taman Ramah Anak tersebut, sambung Kapendam, dilengkapi berbagai sarana, seperti Posko, Mushola, MCK, taman lukisan, taman bermain anak, jogging track serta fiew selfi. 


Selain itu, pembuatan Taman Ramah Anak tersebut mendapat perhatian khusus dari Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. Pangdam beserta pejabat utama Kodam pada Senin (15/08/2022) lalu meninjau langsung progress capaian pembuatan taman tersebut.    


Kini Taman Ramah Anak di Ruang Terbuka Sektor 8 ramai dikunjungi oleh warga masyarakat sekitar terutama anak-anak sekolah, seperti halnya anak-anak TK Raudatul Athfal Miftahul Jannah, Kutawaringin Kab. Bandung, pada Jum’at (02/09/2022) kemarin melaksanakan aktivitas mewarnai gambar di taman tersebut. 


Rangkaian kegiatan yang diikuti anak TK Raudatul Athfal Miftahul Jannah ini diawali dengan sarapan pagi, dilanjutkan kegiatan mewarnai gambar. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan mewarnai gambar, pasalnya kegiatan dilaksanakan di alam terbuka yang merupakan kali pertama dilakukan. Selain mewarnai gambar sekaligus menikmati keindahan alam.


Kegiatan mewarnai gambar yang dilakukan anak-anak TK Raudatul Athfal Miftahul Jannah, dihadiri juga oleh Dansektor 8 Sungai Citarum. Dalam kesempatan itu Dansektor menyempatkan diri berbincang-bincang dengan guru dan menyapa anak-anak yang sedang asyik mewarnai gambar.


Dalam kesempatan itu Dansektor mengatakan, 

“Setiap orang mempunyai tugas menjaga dan melestarikan alam. Karena tanpa alam, manusia tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya yaitu sandang, pangan, dan papan. Tetapi bagaimana kita bisa menyayangi alam jika belum mengenalnya dengan baik? Inilah alasan penting membangun fasilitas Taman Ruang Anak di alam terbuka ini sebagai wahana mengedukasi anak-anak untuk mengenal alam sejak dini, menanamkan pada diri anak untuk memelihara lingkungan melalui membiasakan diri tidak membuang sampah sembarangan,” jelasnya.


Sementara itu di tempat yang sama, Ani Sundari (28) salah satu guru TK Miftahul Jannah menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pangdam III/Slw serta Dansektor 8 beserta jajarannya yang telah membangun Taman Ramah Anak di ruang terbuka di wilayah Sektor 8 Sungai Citarum.


“Saya secara pribadi dan atas nama rekan-rekan guru TK Miftahul Jannah Kutawaringin, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Pangdam III/Slw, Bapak Dansektor 8 beserta Satgasnya, atas dibangunnya Taman Ramah Anak ini, kami sangat terbantu sekali dalam proses pendidikan terhadap anak-anak asuh kami, terutama dalam hal pengenalan terhadap alam dalam rangka menanamkan kecintaannya kepada alam sekaligus mencintai tanah airnya,” ucap Ani.    


Kapendam menambahkan, kegiatan di alam bebas sangat baik untuk perkembangan motorik kasar anak dan melatih keterampilan fisiknya. Suasana alam yang indah dan menyejukkan juga baik untuk menyeimbangkan kerja otak kanan dan kiri. Membuatnya rileks dan segar. Begitu juga dengan kegiatan mewarnai gambar dapat mengasah keterampilan dan melatih motorik anak-anak.


“Aktivitas sederhana dan menyenangkan ini sangat membantu perkembangan anak, sebab mewarnai mampu memicu imajinasi mereka dan memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri,” pungkasnya.

#Yatiman,sumber: (Pendam III/Siliwangi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved