Sabtu, 26 November 2022

Posko Bersama untuk Korban Bencana Gempa Kabupaten Cianjur Salurkan Bantuan dan Laksanakan Giat SAR

Posko Bersama untuk Korban Bencana Gempa Kabupaten Cianjur Salurkan Bantuan dan Laksanakan Giat SAR


MAJALAHCEO.COM,BANDUNG
,  - Jum'at (25/11/2022), telah didirikan Pos Komando (Posko) Bersama, yaitu gabungan dari berbagai Komunitas Relawan Bencana yang diberi nama Posko  Bersama yang beralamat di Jalan Raya Cugenang, Kampung Cangklek, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang Kab.Cianjur. 




Adapun Komunitas Relawan yang tergabung di Posko ini diantaranya Jana Buana / JB (Pendaki Gunung & Pecinta Alam), Media Polisi Nasional (MPN), Jurnalis Polda Jabar (JPJ), Patriot Siliwangi Sejati (PASTI), Baraya Denmoel, Macan Padjadjaran Indonesia (MPI) Media Ekspose Kriminal dan Jaringan Wartawan Bhayangkara (JAWARA).





Dalam aksinya gabungan relawan ini telah terjun langsung ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur dengan melaksanakan giat SAR (Search and Rescue) sejak hari pertama, diantaranya ke Desa Cibitung, Gasol, Sukamanah, Cibulakan. Dengan target operasi rumah - rumah penduduk, pesantren, dan fasilitas - fasilitas umum yang luluh lantak akibat gempa.



Yaitu melaksanakan pertolongan pertama terhadap korban luka yang terkena jatuhan puing - puing rumah, penggalian terhadap korban yang tertimbun, serta penyelamatan terhadap korban longsor bersama berbagai elemen seperti TNI/Polri, Basarnas, BNPB, komunitas relawan dan lainnya.



Selain itu Komunitas Bersama  melakukan penggalangan dana, paket sembako dan lain - lain, baik dari internal anggota maupun dari pihak luar, Hasilnya terkumpul ratusan paket sembako, air mineral, nasi box, makanan ringan, selimut dan lain - lain. 




Seperti yang telah terlaksana hari ini, Posko Bersama telah mengirimkan bantuan ke lokasi bencana gempa bumi di Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang Kab Cianjur. Adapun jenis bantuan diantaranya berupa ratusan paket sembako, nasi kotak, air mineral, pakaian layak pakai, tenda, selimut dan lain - lain ini.



Paket bantuan yang telah terkumpul ini diangkut dari posko  gabungan pusat yang beralamat di Ciwastra Bandung menuju Posko Gabungan Cianjur yang berlokasi di Wilayah Desa Sukamanah Cugenang.



Menurut Ketua Posko Gabungan Ricky Hardiansyah, ST.,Posko ini merupakan Posko Gabungan dari dari berbagai Komunitas yang disebutkan di atas. Di Posko ini semua paket bantuan dari para donatur langsung disalurkan hari itu juga langsung ke penerima yang berhak 



 "Jadi paket bantuan dari berbagai pihak yang datang disini langsung disalurkan hari itu juga begitu tiba di Posko, jadi gak ada cerita paket bantuan ditimbun berhari - hari atau berminggu - Minggu, bantuan sampai langsung disalurkan, begiitu prosedur di posko kita", jelasnya.

(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved