Sabtu, 25 Februari 2023

Sektor 8 Satgas Citarum Harum, Gelar Sosialisasi Penanganan Sampah

Sektor 8 Satgas Citarum Harum, Gelar Sosialisasi Penanganan Sampah


MAJALAHCEO.COM,Kab. Bandung, - Upaya penataan sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum terus dilakukan oleh Sektor 8 Satgas Citarum Harum. Salah satu terobosan yang dilakukan yaitu dengan menggelar sosialisasi penanganan sampah.


Hal tersebut disampaikan anggota Sektor 8, Peltu Aseng kepada awak media saat ditemui di Posko Sektor 8 Kp. Darulin, Kec. Margaasih Kab. Bandung Jawa Barat, Sabtu (25/02/2023).


Kegiatan sosialisasi penanganan sampah digelar pada Rabu (22/02/2023) lalu dihadiri ibu – ibu rumah tangga di sekitar sungai Citarum Sektor 8 dengan menghadirkan salah satu pengurus Bank sampah Desa Mekarrahayu.  



“Pengelolaan sampah harus dimulai dari sumbernya yaitu rumah tangga dengan memilah dahulu sampahnya berdasarkan jenis. Sampah organik bisa dijadikan kompos sementara sampah anorganik bisa dikumpulkan dan dijual melalui bank sampah atau lainnya,” ujar Peltu Aseng.


Sosialisasi juga dilakukan kepada ibu – ibu kelompok pengajian Kampung Darulin pada saat berkunjung ke Ruang Terbuka Hijau Taman Icon Sektor 8 di Desa Nanjung Kec, Margaasih Kab. Bandung. Sambil menikmati keindahan alam dengan udaranya yang segar, nampak ibu – ibu antusias menyimak sosialisasi penangangan sampah yang disampaikan Serma Jajang.


Output dari kegiatan ini ialah membentuk semangat kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang dapat ditularkan kepada anak-anak dan remaja.

Sebagai wujud mencintai lingkungan sekitar, hal tersebut mesti dilakukan, karena jika bukan kita sendiri siapa lagi dan jika bukan sekarang saatnya mau kapan lagi. Hal ini disampaikan Dansektor 8 Citarum Harum Kolonel Arm Hari Wibowo.


Untuk mendukung pencapaian program lingkungan yang bersih sebagaimana yang telah disosialisasikan tersebut, Sektor 8 telah membuat berbagai tong sampah menggunakan bahan drum bekas dengan dicat berbagai warna supaya menarik dan mudah dilihat.   


Tong sampah akan ditempatkan di sekitar Ruang Terbuka Hijau yang merupakan Icon Sektor 8, di titik – titik  yang mudah terjangkau pengunjung. Sehingga tidak ada alasan untuk membuang sampah sembarangan. Nantinya akan diperbanyak terus dan disebar ke Sub Sektor, (Ytmn,sumber :Pendam III/Siliwangi).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved