Jumat, 17 Maret 2023

Kabid Humas Polda Jabar : Antisipasi Ketersediaan Stok Pangan Jelang Ramadhan 1444 H Polisi Sidak Pasar Tradisional

Kabid Humas Polda Jabar :  Antisipasi Ketersediaan Stok  Pangan Jelang Ramadhan 1444 H Polisi Sidak Pasar Tradisional


MAJALAHCEO.COM, PURWAKARTA, -|Upaya mengantisipasi kenaikan harga dan ketersediaan stok pangan menjelang ramadhan 1444 Hijriah, Kapolres Purwakarta Polda Jabar  AKBP Edwar Zulkarnain bersama Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Andi Achmad Afandi serta Kepala Kejaksaan Purwakarta, Rohayatie melakukan sidak pasar tradisional di Kabupaten Purwakarta, Pada Jumat, 17 Maret 2023.


Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan, sidak ini bertujuan untuk mengontrol Inflasi di Kabupaten Purwakarta guna mengatasi perkembangan Inflasi, sehingga kondisi harga bahan pokok tetap terjaga dengan baik.


Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa  dengan adanya sidak tersebut, dapat terpantau  pasokan, kesediaan bahan pangan pokok strategis dan harga menjelang bulan Ramadhan.


"Hasil sidak ini akan ditindaklanjuti dengan rapat internal termasuk dengan Pak Kapolres dan Pak Dandim seperti apa langkah selanjutnya. Kita akan terus lakukan pemantauan juga pengawasan di  pasar tradisional yang ada di Kabupaten Purwakarta untuk membandingkan harga-harga," ucap Anne Ratna.


Monitoring ini rutin dilakukan guna mendukung Gerakan Nasional Pengendali Inflasi Pangan dan memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Ramadhan 1444 hijriah, demi rasa aman dan nyaman bagi masyarakat.


"Alhamdulilah, ketersediaan stok dan harga masih tetap stabil, dan untuk harga hanya telur, daging sapi, bawang merah dan cabe yang memang mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan. Harga beras sudah mulai mengalami penurunan,” ujar Ambu Anne. 


Ditempat yang sama, Kapolres Purwakarta, Polda Jabar AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan sidak ini dilakukan untuk mengecek secara langsung ketersediaan dan stabilitas harga barang khususnya bahan pokok menjelang ramadhan. 


"Kita harus melihat langsung situasi di pasar untuk menjamin bahwa barang kebutuhan masyarakat itu semuanya tersedia di pasar dan harganya tidak terlalu tinggi jelang Ramadhan 1444 Hijriah," ucap Edwar. 


Dari hasil sidak, diketahui ketersediaan bahan pokok aman dan harga terbilang stabil atau tidak mengalami kenaikan signifikan. 


"Hasil sidak, semuanya aman dan terkendali. Ini untuk menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah, jangan sampai timbul keresahan di masyarakat," jelasnya. 


Dalam kesempatan itu pula, Edwar mengatakan, dirinya bakal menginstruksikan seluruh jajaran Polsek di Polres Purwakarta Polda Jabar untuk melakukan hal serupa guna memastikan ketersediaan dan harga bahan pokok di seluruh pasar. 


"Polsek jajaran kita arahkan untuk melakukan pemantauan pasar-pasar tradisional. Sehingga jika diketahui ada kenaikan harga, maka langsung dicari sumber masalah dan solusinya," jelas Edwar. 


Sementara, Dandim 0619/Purwakarta, Letkol Arm Andi Achmad Afandi mengatakan, jelang Ranadhan dipastikan  ketersediaan bahan pokok stabil.


Pria yang akrab disapa Andi itu pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan ketersediaan barang maupun harga komoditi di pasaran.


"Intinya jangan panik berlebihan, karena kami bersama pemerintah daerah akan terus melakukan monitoring di lapangan untuk menjaga stabilitas harga maupun bahan pokok jelang Ramadhan," ucap Andi.


#Yatiman **

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved