Kamis, 18 Mei 2023

Dansektor 3 : Satgas Citarum Sektor 3 Sub 3 dan Sub 5 Normalisasi Sungai dan anak sungai Citarum Untuk Cegah Banjir dan Manfaatkan Lahan Tidur menjadi Lahan Pertanian.

Dansektor 3 : Satgas Citarum Sektor 3 Sub 3 dan Sub 5 Normalisasi Sungai dan anak sungai  Citarum Untuk Cegah Banjir dan Manfaatkan Lahan Tidur menjadi Lahan Pertanian.


MAJALAHCEO.COM, KABUPATEN BANDUNG, -  Sesuai Rencana Aksi dari Sektor 3 bahwa tolak ukur keberhasilan Citarum Harum Sektor 3  diantaranya melaksanakan  pembersihan sampah, pengerukan sendimentasi dan penanaman pohon di lahan2 kritis juga dengan  memanfaatkan lahan tidur yang ada disekitarnya untuk digunakan dengan benar sehingga menjadi lahan yg produktif.



Untuk itu perlu di lakukan normalisasi di sungai dan anak-anak sungai Citarum untuk mengembalikan fungsi aliran sungai, mengantisipasi bahaya  banjir dan mengembalikan ukuran serta kedalaman sungai (18/5/2023).


Hal itu disampaikan oleh Dansektor 3 Kol Arm I Kadek Arya Atmawijaya, S.Ip,M.A.P., bahwa untuk menindak lanjuti rencana aksi tersebut diatas, maka Sektor 3 Sub 5 saat ini sedang melakukan normalisasi sungai dengan mengangkat sedimentasi di Sungai Citarum yang berada di Desa Tanggulun Kec Ibun. Selain pengangkatan sendimen dan sampah domestik, Sektor 3 Sub 3 dan Sub 5 juga melaksanakan penanaman pohon yg bernilai ekonomis yang hasilnya dapat bermanfaat dan  memberikan kesejahteraan bagi Prajurit dan Masyarakat sekitarnya.



Pemanfaatan lahan kosong tersebut untuk ditanami berbagai macam sayuran seperti timun, kacang tanah, jahe merah dan berbagai macam sayur lainnya dengan menggunakan pupuk BIOS 44DC pemberian Bapak Pangdam III/Slw. Selain penanaman pohon, kita saat ini juga sedang mengembangkan berbagai macam ikan khas yg merupakan ikan-ikan ciri dari Sungai Citarum.


Dengan menggunakan Bios 44DC  berbagai macam sayuran tumbuh subur dan hasil panen nya pun melimpah. 


Selain ke tanaman Bios 44DC  juga bisa di aplikasikan ke bibit kolam ikan agar pertumbuhan ikan menjadi bagus.



#Yatiman 

#Satgas Citarum Sektor 3

#Kol Arm I Kadek Arya Atmawijaya, S.Ip,M.A.P.,

#Pendam III Siliwangi 

#Pusterad

#Dispenad

#TNI benahi Citarum.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved