Jumat, 25 Agustus 2023

Apel Gelar Pasukan Satgas Penanganan Karhutla Di Kabupaten Wonogiri

Apel Gelar Pasukan Satgas Penanganan Karhutla Di Kabupaten Wonogiri


MAJALAHCEO. COM,WONOGIRI----Polres Wonogiri Polda Jateng, Sebagai upaya kesiapsiagaan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kabupaten Wonogiri, digelar apel gelar pasukan satgas penanganan Karhutla Kabupaten Wonogiri di alun-alun Giri Krida Bakti Kabupaten Wonogiri. Rabu (24/8/23) pagi. 


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Wonogiri AKBP Andi Muhammad Indra Waspada Amirullah, S.H., S.I.K., M.M., M.Si., dihadiri oleh Dandim 0728 Wonogiri, Wakil Bupati Wonogiri dan pejabat Kab Wonogiri serta kepala dinas terkait. Peserta apel di ikuti oleh Personil TNI-POLRI dan stakeholder terkait, serta pasukan penanggulangan karhutla dari berbagai instansi.


Dalam sambutannya, Kapolres Wonogiri menekankan bahwa musim kemarau ini potensi kebakaran hutan dan lahan sangatlah tinggi. Oleh karena itu, kami meminta semua pemangku kepentingan meningkatkan koordinasi antar pemerintah dan memastikan kesiapan peralatan serta petugas penanggulangan karhutla.



"Cari solusi permanen dan hinbau warga agar tidak membuka lahan dengan membakar, adapun peraturan pemda harus disosialisasikan dengan baik dan laksanakan penegakan hukum tanpa kompromi". ungkapnya.


Kapolres mengungkapkan, Kebakaran hutan dan lahan merupakan masalah serius yang harus menjadi perhatian bersama. Dampak yang luas dari kebakaran ini, kerusakan ekosistem dan sumber daya alam yang terjadi secara masif, pengaruh terhadap produktivitas masyarakat, kontribusi dalam terganggunya sektor perekonomian. 


"Lakukan berbagai langkah deteksi dini dan mitigasi karhutla, Inventarisasikan kembali lokasi atau titik-titik rawan terjadinya karhutla, lakukan monitoring hotspot dan segera verifikasi ground check untuk segera padamkan api, kemudian bangun pengetahuan masyarakat melalui sosialisasi dan edukasi dengan pola komunikasi yang efektif dan mudah dipahami masyarakat setempat," ujarnya.


"Optimalisasi dan kolaborasi berbagai pilar, baik kepala Desa, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, relawan dan masyarakat untuk mencegah dan menangani karhutla," terangnya.


Kapolres pun menambahkan, " Dorong persiapan sarana dan prasarana berbagai pihak untuk mencegah dan mengefektifkan penanganan karhutla dan utamakan keselamatan masyarakat, serta laksanakan tugas ini dengan ikhlas dan semangat demi kemaslahatan bersama," sambungnya.


"Dengan dilaksanakannya apel gelar pasukan ini, diharapkan agar seluruh personel yang terlibat dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan saya mohon para personel dapat terus menjalin kolaborasi yang harmonis antar satgas, instansi dan pihak terkait lainnya," tegas AKBP Indra.


Kegiatan apel ini ditutup dan dilanjutkan dengan pengecekan sarana prasarana guna memantau kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla di wilayah Wonogiri. 



(Jun/Sumber Humas Polres Wonogiri Polda Jateng)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved