Kamis, 12 Oktober 2023

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Himbau Agar Warga Tidak Membakar Sampah Sembarangan Di Area Terbuka

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi  Himbau Agar Warga Tidak Membakar Sampah Sembarangan Di Area Terbuka


MAJALAHCEO.COM, GARUT,-|Kebakaran lahan atau hutan kini marak terjadi diakibatkan oleh faktor cuaca kemarau yang berkepanjangan ataupun akibat kelalaian manusia.


Lahan atau kebun milik warga Kampung Dangdeur Desa Majasari Kecamatan Cibiuk Kabupaten Garut mengalami peristiwa kebakaran. Selasa (10/10/2023).


Menindaklanjuti informasi dari masyarakat Polsek Cibiuk Polres Garut melalui Bhabinkamtibmas Polsek Cibiuk Brigadir Irvan dan Kanit Samapta Polsek Cibiuk Aipda Yogi yang bersinergitas bersama petugas pemadam kebakaran serta warga sekitar bergegas menuju lokasi kebakaran. 


Lahan yang mengalami kebakaran tersebut merupakan milik Brigjen TNI (Purn) Asep, lahan ini digunakan dipergunakan untuk perkebunan pohon jati. Sekitar 1 hektar lahan habis dilahap oleh sijago merah, dan menurut hasil olah tkp Polsek Cibiuk api berasal dari pembakaran sampah disekitar kebun kemudian api menjalar ke rumput kering dengan bantuan angin api pun  bergerak cepat membakar sebagian kebun tersebut.


Pada sekitar pukul 15.15 WIB api pun berhasil dipadamkan, lalu Polsek Cibiuk bersama pemadam kebakaran dan warga sekitar melakukan upaya pencegahan penyebaran api dengan menimbun abu atau lahan yang bekas terbakar dengan daun lembab dan pasir agar tidak kembali terjadi potensi kebakaran dikemudian hari.


Kapolres Garut Polda Jabar AKBP Rohman Yonky Dilatha, S.I.K, M.Si,  menghimbau warga agar selalu waspada kebakaran lahan atau kebut dikarenakan cuaca yang sedang kemarau panjang,hindari membersihkan lahan pertanian/perkebunan dengan cara membakar, tidak membakar sampah sembarangan di area terbuka dan jangan membuang puntung rokok sembarangan yang dapat mengakibatkan kebakaran terjadi.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved