Sabtu, 16 Desember 2023

Parittiga Expo 2024 Gelar Durian Fest di HUT Kecamatan Parittiga ke-13 Berslogan Parittiga "Kite Ge Pacak"

Parittiga Expo 2024 Gelar Durian Fest di HUT Kecamatan Parittiga ke-13 Berslogan Parittiga "Kite Ge Pacak"

 

Bangka Belitung - CV Argatani gelar Durian Fest memeriahkan Parittiga Expo 2024 dalam rangka HUT Ke -13 Kecamatan Parittiga pada tanggal 14 Januari 2024 di Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga.


"Durian Fest di acara Parittiga Expo 2014 ini adalah upaya untuk terus memperkenalkan hasil durian lokal, Kecamatan Parittiga pada khususnya, durian lokal  memiliki kekhasan nya tersendiri, masyarakat harus tetap mengenal itu," kata Arief Rakhman Hakim.


Arief Rakhman Hakim mengatakan, untuk aspek penilaian yakni dari Warna, ketebalan (edible portion), Texture, dan rasa untuk menentukan durian terbaik.


Menurut Arief Rakhman Hakim agroklimat tanah, Durian lebih cocok di tanam di tanah Bangka Belitung pada umumnya, Bangka Barat pada khususnya. selain itu durian unggulan mempunyai harga jual yang lebih baik di banding tanaman buah lainnya, sekaligus menjadi pahlawan devisa rumah tangga.


"Alhamdulillah, Durian lokal punya rasa terbaik, semoga ke depannya Pemerintah Bangka Belitung dan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat semakin mendukung usaha petani lokal," katanya. Jumat (15/12/2023).


Kontes Durian Fest di Parittiga Expo 2024 adalah salah satu upaya kami, untuk menjaring Durian berkualitas tinggi, sekaligus mencari sumber daya genetik lokal.


"Ada dua kategori yang di lombakan dalam Festival Durian Parittiga Expo 2024, yakni Durian Hutan dan Durian Budidaya khususnya Namlung. Festival Durian kali ini terbuka untuk umum, Sebangka Belitung.


Karna ada dua varietas Durian Nasional yang sudah di sertifikasi, adalah Sumber daya genetik Lokal dari bangka barat pada umumnya, Kecamatan Parittiga khususnya. yaitu Durian Namlung/Cumasi dan Klamunod, yang memiliki ras khas dan unik,

rasa yang di tonjolkan manis, pahit, bergas dan alkoholik," ungkap Arief Rakhman Hakim. (Sunardi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved