Selasa, 30 Januari 2024

Lelang Durian Kemarun Desa Ibul Bangka Barat, Ada Yang Laku 850 K

Lelang Durian Kemarun Desa Ibul Bangka Barat, Ada Yang Laku 850 K

 


Bangka Belitung - Sekretariat Argatani, Dusun Bukit Lintang, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, berlangsung cukup meriah. Karena acaranya adalah lelang durian lokal Kemarun. Minggu malam (28/1/2024).


Beberapa jenis durian lokal dilelang di sana. Keseruan terjadi, karena saling memberikan tawaran tertinggi. Lelang perdana dimulai harga 250 K hingga 850 K, untuk durian Kemarun dari Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip.


Lelang durian lokal terbilang cukup seru, pasalnya ada beberapa orang yang bersaing.

Kemudian buah durian dari Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, di menangkan Azman, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, durian Kemarun dengan harga 850 K. Arief Rakhman Hakim mengaku penasaran dengan rasa durian yang pohon indukannya berusia 25 tahun.


“ Kemungkinan besar pemenang Lelang buah durian Kemarun penasaran soalnya katanya usia pohon indukannya 25 tahun. Biasanya kalau pohon usianya 25 tahun enak rasanya,” ungkapnya.


Arief Rakhman Hakim dari Argatani Kecamatan Parittiga,  mengungkapkan dirinya memang sengaja melelangkan durian Kemarun. Selain untuk dimakan, keikutsertaannya dalam lelang merupakan wujud dukungannya terhadap durian lokal dan hasil pendapatan lelang uangnya akan di gunakan untuk pembangunan jalan menuju kelekak durian di Desa Simpang Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat.


“Durian lokal ini rasanya tidak kalah dengan yang dari luar daerah, kita harus dukung petani bisa meningkatkan kualitas duriannya. Sehingga produk durian lokal bisa menguasai pasar lokal, bahkan bisa kirim ke luar daerah,” tuturnya.


Dia menambahkan, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Pemkab), terus mempromosikan produk durian lokal dengan berbagai cara. Seperti menggelar lelang, festival, ikut lomba di luar kota dan promosi di media sosial.


Buah durian kemarun

dari Desa Ibul, Kecamatan Simpang Teritip, pohon indukan berusia 25 tahun, finalis juara 3 kontes durian 2024 Bangka Belitung

dalam acara Parittiga Expo 2024, hasil lelang durian akan di alokasikan untuk pemugaran jalan menuju pohon indukan.


“Yang membanggakan kita dalam lelang durian serunya hampir merata menyukai buah durian lokal yang kita lelang di Kedai kita. Kecamatan-Kecamatan lain belum ada lelang baru durian Kemarun dan malam tadi kita kenalkan melalui lelang,” terang Arief Rakhman Hakim. (Sunardi)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved