Sabtu, 03 Februari 2024

Gerak Cepat Kades Pangkah Respon Laporan Warganya

Gerak Cepat Kades Pangkah Respon Laporan Warganya

 


PANGKAH TEGAL - 

Hujan lebat dan angin kencang sering menjadi momok bagi sebagian masyarakat, apalagi jika diterpa petir yang cukup besar. Dampaknya bisa sangat merugikan,  seperti yang terjadi pada hari Selasa (30/1/2024) di Dukuh Pesawahan RT/RW. 06/01, Desa Pangkah, Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah.


Ketika musim hujan tiba, masyarakat desa Pangkah selalu waspada dengan cuaca ekstrem yang dapat mengancam keselamatan dan  keamanan mereka. Seperti yang terjadi baru-baru ini, hujan lebat disertai angin kencang dan petir menyebabkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah.


Kabar tersebut sampai ke telinga Kepala Desa Pangkah Moch.Taufiq Ramadhoni, melalui laporan dari warga. Dalam waktu singkat, Kepala Desa segera merespon laporan tersebut dengan segera datang ke lokasi guna meninjau langsung kerusakan yang terjadi dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.


Kepala Desa Pangkah sangat menyadari pentingnya respon cepat dalam menghadapi situasi seperti ini. Bukannya menunggu niat baik orang lain, Moch.Taufiq Ramadhoni lebih memilih untuk bertindak segera dan membuat keputusan tepat untuk membantu masyarakat desanya saat terjadi musibah.


"Iy, tadi sekitar pukul 20.00 Wib saya menerima Laporan dari warga tentang rumah Mbah Niti di Dk.Pesawahan dan saya bersama tim langsung ke lokasi untuk memverifikasi dan melihat langsung seperti apa kerusakannya. Setelah kami cek kerusakan tersebut masih dalam kategori ringan dan aman untuk ditinggali. Hanya terjadi retakan pada area joglo dari bawah sampai atas. Untuk genteng dan kayu-kayu juga masih aman. Rumah ini merupakan rumah lama.Intinya masih aman untuk dihuni". Terang Kades kepada Media


Tindakan cepat dan tanggap Kepala Desa Pangkah dalam menangani bencana yang terjadi sangat memuaskan hati warga setempat. Mereka merasa dihargai dan mendapat perhatian dari pimpinan mereka, sehingga ketika ada bencana atau masalah lain yang terjadi, mereka yakin bahwa Kepala Desa dapat memberikan tanggapan yang cepat dan tepat.


"Matursuwun dan terimakasih Pak Lurah, sudah datang kerumah saya walaupun malam. Terimakasih atas segala perhatiannya dan juga bantuannya". Terang Mbah Niti dengan nada haru.


Dalam situasi seperti ini, kesadaran dan kepedulian Kepala Desa sangat dibutuhkan. Tidak hanya memimpin dalam suasana normal, tapi juga dalam situasi genting seperti bencana alam. Respon cepat dan tanggap dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak, serta menunjukkan bahwa pemerintah desa peduli dan siap memberikan bantuan ketika dibutuhkan.


Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam, Kepala Desa Pangkah sering kali memberikan masukan kepada warganya melalui  pertemuan di Aula Kantor Desa Pangkah.Hal ini dilakukan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga dalam menghadapi bencana alam serta meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi.


Semua upaya ini dilakukan demi kepentingan masyarakat dan desa yang dipimpinnya. "Kepala Desa Pangkah percaya bahwa dengan bekerja sama dan saling membantu antara pihak pemerintah desa dengan warga setempat, maka respon cepat dalam menghadapi bencana alam dapat terwujud dan kerugian yang terjadi dapat diminimalisir sebanyak mungkin. (Mas Toe)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved