Minggu, 02 Juni 2024

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Kabid Humas Polda Jabar : Polisi  Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024


MAJALAHCEO.COM, BANDUNG, -|Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Jules Abraham.Abast S.I.K. mengatakan bahwa Polisi  menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 di Lapangan Upacara Polres Majalengka. 


Dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045,” upacara tersebut bertujuan untuk memperkuat semangat kebangsaan dan persatuan di kalangan personel Polri dan masyarakat. Sabtu (1/6/ 2024).


Dalam kesempatan tersebut, Polisi membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. "Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK.


Tema peringatan tahun ini menekankan pentingnya Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. "Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.


Diharapkan seluruh komponen bangsa  mengutamakan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. "Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik," tambahnya.


Pidato tersebut juga menyoroti pentingnya memanfaatkan teknologi informasi secara bijaksana untuk menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. "Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan," katanya.


Upacara ini ditutup dengan ajakan untuk terus bergotong royong merawat anugerah Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. "Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila," tuturnya


Melalui kegiatan ini, Polres Majalengka berkomitmen untuk terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek tugas dan pengabdian kepada masyarakat, serta mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved