Sabtu, 01 Juni 2024

Semangat Pancasila Bergelora di Polres Kebumen

Semangat Pancasila Bergelora di Polres Kebumen


MAJALAHCEO.COM, KEBUMEN,-|Polres Kebumen - Upacara bendera dalam rangka memperingati "Hari Lahir Pancasila Tahun 2024", berjalan khidmat dan penuh semangat di Polres Kebumen. 


Upacara yang dipimpin Plh Wakapolres Kebumen Kompol Setyoko, diikuti PJU Polres Kebumen, Kapolsek jajaran, perwakilan personel Polres maupun Polsek, para ASN, digelar di halaman upacara Mapolres Kebumen, Sabtu 1 Juni 2024.


Kapolres Kebumen AKBP Recky melalui Kompol Setiyoko mengungkapkan, tema Upacara Hari Lahir tahun ini yaitu "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045". 


"Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat," ungkap Kompol Setyoko.


Menurut Kompol Setiyoko, dalam amanatnya, warga masyarakat Indonesia patut bersyukur karena sebagai bangsa yang majemuk. Nilai yang dikandung Pancasila menjadi bintang yang mampu memandu kehidupan bangsa agar sesuai cita-cita pendirian negara.


"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong," imbuhnya. 


Lalu, nilai Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. 


Maksudnya, pesatnya kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi dan ponsel pintar (smartphone) dalam mengakses informasi melalui beragam media dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


"Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," tandas Kompol Setiyoko. 


Setelah kegiatan upacara dilaksanakan, kegiatan selanjutnya Polres Kebumen menyaksikan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila terpusat di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, Riau, dengan Inspektur Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo secara virtual di Gedung Tribrata Polres Kebumen.


(Humas Polres Kebumen)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Majalah CEO | All Right Reserved